Untuk seorang pebisnis, konsep manajemen waktu adalah salah satu yang
penting. Kemampuan untuk mengatur waktu sebanding dengan kesuksesan dan
produktivitas. Walaupun hanya ada 24 jam dalam satu hari, Anda tidak
dapat mengubah waktu tetapi Anda dapat memanfaatkan waktu tsb dengan
sebaik-baiknya. Ada beberapa cara untuk mengatur waktu sehingga lebih
efisien.
Menjaga kegiatan
identifikasi waktu Anda dan tetap mempertahankan aktivitas yang
dilakukan setiap harinya. Berlaku jujur dengan waktu dan Anda akan
mendapatkan gambaran tentang berapa banyak waktu yang Anda buang dengan
percuma, sehingga Anda bisa memperbaiki manajemen waktu Anda kedepan.
Buat peraturan dan jalankan
Buatlah suatu peraturan dimana Anda harus konsisten menjalankannya,
sehingga waktu Anda tidak terbuang dengan percuma. Misalnya, Anda tidak
menerima panggilan pribadi selama jam kerja.
Menetapkan jadwal
Tetapkan jadwal waktu Anda untuk hari ini. Cocokkan setiap waktu dengan
setiap tugas. Sisakan beberapa waktu ketika menyelesaikan suatu tugas.
Jangan terlalu memaksakan semua pekerjaan selesai dengan cepat,
sehingga menimbulkan stres. Beri tahu diri Anda berapa lama pekerjaan
tersebut dapat diselesaikan, jadi dengan cara itu Anda harus bisa
menyelesaikan tugas yang sama dengan waktu yang sama seperti sebelumnya.
Prioritaskan tugas
Ide utama dibalik manajemen waktu adalah untuk memprioritaskan
tugas-tugas Anda. menyelesaikan tugas-tugas yang paling penting
terlebih dahulu.
Jangan menunda pekerjaan
Setiap orang mempunyai tugas yang tidak ingin dilakukannya. Sifat
manusia suka untuk menunda-nunda pekerjaan. Jika Anda menetapkan tujuan
untuk menghabiskan 10 menit sehari pada suatu tugas, Anda mungkin akan
terkejut melihat bahwa tugas itu dapat diselesaikan lebih cepat dari
yang Anda pikir. Jadi, jangan pernah untuk menunda tugas yang harus
dikerjakan.
Tidur yang cukup
Kurang tidur akan memperlambat kerja sistem di tubuh. Pikiran akan
berawan, tubuh merasa lelah sehingga menjadi mudah jengkel. Hal ini Ini
tidak akan membantu dalam pengaturan waktu. Tidur yang cukup akan
membatu Anda menyelesaikan tugas-tugas tepat pada waktunya..
Biasakan latihan
Latihan akan membuat darah mengalir, dan melepaskan zat endorphin. Anda
bisa berjalan di sekitar rumah atau kantor Anda, atau bahkan hanya
melakukan beberapa latihan, maka latihan tsb akan membantu untuk
menjernihkan pikiran, sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.
Beristirahat sejenak
Pastikan Anda beristirahat sejenak. Tubuh dan pikiran perlu waktu untuk
mengisi ulang. Setelah Anda kembali pada tugas, maka Anda akan melihat
pikiran anda menjadi lebih fresh dan fokus pada tugas-tugas Anda,
sehingga pekerjaan kelihatan lebih mudah diselesaikan.